RECORD DETAIL
Back To Previous  
Title Babad Dipanegara
Edition Cetakan Kedua, 2019
Call Number 097 DIP b
ISBN/ISSN 978-602-5792-89-2
Author(s) Pngeran Dipanegara
Sugeng
Damika dan April
Subject(s) Sejarah Diponegoro
Classification Buku Sejarah
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher PT.BUKU SERU
Publishing Year 2019
Publishing Place Jakarta
Collation 2
Abstract/Notes Babad Dipanegara ini ditulis sendiri oleh Pangeran Dipanegara atau Kanjeng Sultan Abdul Hamid saat diasingkan di Manado, Sulawesi Utara. Naskah aslinya berbentuk tembang, puisi berbahasa Jawa. Penulisan naskah ini tidak semata untuk menghibur diri selama di pengasingan, namun secara cerdik, sesungguhnya merupakan rangkuman pengetahuan serta kepekaannya akan kondisi lokal ke- rajaan di Jawa saat itu yang terlalu banyak mendapat campur tangan Belanda.

Babad Dipanegara berisi cerita tentang Kerajaan Majapahit dan kejayaannya pada masa Raja Brawijaya ke-4 (Hayam Wuruk), hingga keturunannya, yang menjadikan cikal bakal tumbuhnya kerajaan Islam di Jawa Tengah. Selain sejarah nabi-nabi, kisah para sunan juga diceritakan secara runtut.

Di bagian lain, dimuat pula sejarah Jawa, asal mula pembagian wilayah Kerajaan Mataram, dan Pati. Diperkaya dengan cerita rakyat dan cerita tentang Ratu Laut Selatan. Sebelum kemudian dilanjutkan dengan kisah perpecahan Kasunanan Surakarta dengan Kasultanan Yogya- karta Hadiningrat, konflik Pecinan, serta peran dan perjuangan Pangeran Dipanegara sendiri dalam Perang Dipanegara atau Perang Jawa dan berakhir dengan pengasingannya di Kota Manado.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous

Select Language

Simple Search



Advanced Search

Title

Author(s)

Subject(s)

ISBN/ISSN

GMD
Collection Type

Location


Validated

Valid XHTML 1.0 Transitional Valid CSS