POLITIK UANG DI INDONESIA

Informasi Bibliografi

Judul POLITIK UANG DI INDONESIA
Authors Edward Aspinall; Mada Sukmajati
Topic Politik indonesia; Politik Uang
Jenis Material (GMD) TE - Text
Edisi
ISBN/ISSN 978-602-71962
Penerbit PolGow
Tahun Terbit 2015
Tempat Terbit Yogyakarta
Deskripsi Fisik (Kolasi) 562 hlm, 15 x 23 cm
Nomor Panggil (Call Number)
Bahasa Indonesia
Klasifikasi Politik
Frekuensi Terbitan
Judul Seri
Catatan Kebanyakan studi tentang pemilu di Indonesia hanya mendeskripsikan pola dan tren kinerja partai politik di tingkat nasional. Kajian ini berbeda karena fokus pada fenomena elektoral di tingkatan akar rumput. Buku ini menjelaskan bahwa patronase dan klientelisme menjadi strategi kampanye yang dipilih oleh hampir semua caleg. Patronase di antaranya diwujudkan dalam bentuk pembelian suara (vote buying), pemberian barang kepada kelompok-kelompok tertentu (club goods), penyediaan beragam pelayanan sosial, dan pemanfaatan dana publik untuk kepentingan elektoral (pork barrel politics). Selain itu, para caleg mengandalkan jaringan informal perantara (broker) biasanya disebut sebagai 'tim sukses' untuk menjangkau pemilih. Secara umum, buku ini mengeksplorasi pola kampanye pemilu, bentuk relasi caleg dengan pemilih, bagaimana bentuk relasi itu diperlancar oleh patronase dan dibentuk oleh klientelisme, dan bagaimana para caleg menggunakan mekanisme, jaringan, dan teknik tertentu untuk meraih sebanyak-banyaknya suara pemilih.
Detail Khusus
File Digital Tidak tersedia
Salinan Fisik Tidak tersedia

Ketersediaan

Tidak tersedia